IMPLEMENTASI ILMU GRAFIK KOMPUTER DAN PENGOLAHAN CITRA

GRAFIK KOMPUTER
Grafik Komputer adalah suatu proses menciptakan, menganalisis objek bedasarkan gambar maupun latar belakang ( background ) yang terdapat pada gambar tersebut.
Sedangkan Teknik yang dipakai untuk membuat gambar / objek sesuai dengan realita ( nyata ) adalah Realism.

APLIKASI KOMPUTER GRAFIS
1.      Computer-Aided Design (CAD)
CAD adalah alat bantu berbasis komputer yang digunakan dalam proses analisis dam desain, khusunya untuk sistem arsitektural dan engineering. CAD banyak digunakan dalam mendesain bagunan, mobil, pesawat, komputer, alat-alat elektronik, peralatan rumah tangga, dan berbagai produk lainnya. Contoh aplikasinya: AutoCAD.

2.      Computer-Aided Sofware Engineering (CASE)
CASE mirip dengan CAD tetapi digunakan dalam bidang sofware engineering. CASE digunakan dalam memodelkan user requirement, pemodelan basisdata, workflow dalam proses bisnis, struktur program, dan sebagainya. Contoh aplikasi: Rational Rose, SyBase Power Designer.

3.       Virtual Reality
Virtual Reality adalah lingkungan virtual yang seakan-akan begitu nyata di mana user dapat berinteraksi dengan objek-objek dalam suasana atau lingkungan 3 dimensi. Perangkat keras khusus digunakan untuk memberikan efek pemadangan 3 dimensi dan memampukan user beriteraksi dengan objek-objek yang ada dalam lingkungan. Contoh: aplikasi VR parachute trainer yang digunakan oleh U.S. Navy untuk latihan terjun payung. Aplikasi ini dapat memberikan keutungan berupa mengurangi resiko cedera selama latihan, mengurangi biaya penerbangan, melatih perwira sebelum melakukan terjun paying sesungguhnya.

.



PENGOLAHAN CITRA

          Pengolahan Citra adalah proses penarikan informasi atau mendeskripsikan objek atau pengenalan objek yang terkandung dalam citra (gambar).
           
            Memperbaiki gambar dari segi kualitas radiometrik yaitu peningkatan kontras, transformasi warna, retorasi citra dan juga dari segi geometril yaitu rotasi translasi, skala, transformasi geometrik juga termasuk pengolahan citra.


APLIKASI PENGOLAHAN CITRA
1.      Bidang Kedokteran
ü  Deteksi patah tulang dengan sinar X
ü  USG untuk ibu hamil

2.      Bidang Geografi
ü  Pewarnaan untuk laut dangkal dan laut dalam pada peta
ü  Penggambaran bukit dan lembah pada peta


IMPLEMENTASI ILMU GRAFIK KOMPUTER DAN PENGOLAHAN CITRA
         
          Jadi dengan mengimplementasikan grafik computer dan pengolahan citra seseorang bisa menciptakan sesuatu yang baru seperti :

1.      Animasi adalah gambar begerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar tersebut dapat berupa gambar makhluk hidup, benda mati, ataupun tulisan.
Contoh : Tom & Jerry

2.      Google Earth adalah tampilan bumi secara virtual tetapi sesuai dengan realita / kenyataan yang ada, dengan cara menangkap gambar bumi dari setiap sudut sudut dan sisi sisi bumi, lalu di implementasikan ilmu grafik komputer dan pengolahan citra maka jadilah tampilan bumi secara virtual.

3.      AR ( Augmented Reality ) adalah suatu fitur penggabungan dunia nyata dengan animasi maupun 3D design menggunakan media komputer. Seseorang mendesain sebuah 3D design dengan tools ( contoh : blender ) lalu di implementasikan dengan grafik komputer sehingga menghasilkan 3D character yang mana di terapkan pada kamera smartphone maka jadilah sebuah gabungan dunia nyata dan animasi 3D yang dibuat tadi.











Sumber : 



Komentar